PMII GALANG SEWU

Jenis Processor dan spesifikasi

Jenis Processor dan spesifikasi

 semakin berkembangnya macam-macam processor untuk komputer maka semakin maju pula generasi processor yang di produksi baik dari intel maupun amd , kali ini kami akan membahas tentang mcam-macam processor yakni jenis  processor dan spesifikasinya 
namun sebelum kita tahu jenis-jenis processor intel maka kita lebih dulu membahas 
Apa itu Processor??

Processor adalah sebuah chip yang berupa Integrated Circuit (IC) yang mengontrol keseluruhan sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari kegiatan komputer dalam melakukan perhitungan dan menjalankan tugas input dan output. Processor terletak pada soket yang ada di motherboard. Processor dapat diganti dengan jenis yang lain asalkan socket pada motherboard sesuai dan sistem pada motherboard mendukung arsitektur processor tersebut. Kecepatan processor mempengaruhi kecepatan komputer secara signifikan karena benda satu ini adalah merupakan pusat pengolahan data. Processor saat ini sering disebut microprocessor karena ukurannya yang sangat kecil secara fisik namun memiliki kecepatan proses yang besar.
Processor terbagi menjadi tiga bagian penting, yakni :
  • Aritcmatics Logical Unit (ALU) Alu merupakan pusat untuk menghitung operasi aritmatika dan logika untuk menjalankan semua perintah yang harus dilaksanakan oleh sebuah komputer.
  • Control Unit (CU) merupakan bagian yang menjadi pengatur semua lalulintas data dan perhitungan yang dilakukan oleh processor. dengan adanya kontrol unit ini, semua perhitungan dan eksekusi yang harus di jalankan dapat dilakukan secara berurutan tanpa adanya tumpang tindih antara satu perintah denga perintah lainnya.
  • Memori Unit (MU) memori unit merupakan unit pendukung, dimana semua perintah yang sering digunakan oleh processor akan disimpan sementara di bagian ini. dengan adanya memori unit, processor tidak lagi memanggil perintah yang sama kebagian lain.dengan demikian, waktu yang digunakan untuk menjalankan perintah perintah dapat dipersingkat. pada processor modern memori unit sudah ada pada bagian processor-nya ( CORE ) dan dikenal dengan nama cache memori. Hal inilah yang mempengaruhi kinerja kecepatan sebuah Eksekusi.
Masing-masing bagian processor ini memiliki tugas masing-masing sesuai dengan namanya. Processor saat ini memiliki banyak merek, namun yang terkenal di Indonesia hanya ada dua, yakni Intel dan AMD. Padahal masih banyak merek lain, yakni Cyrix dari VIA, IBM PowerPC, IDT dan Apple.

Berikut adalah daftar dari jenis - jenis Processor dan spesifikasiNya, mulai dari Processor Intel dan AMD

1. Intel Corporation




adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di AS dan terkenal dengan rancangan dan produksi mikroprocessor dan mengkhususkan dalam sirkuit terpadu. Intel juga membuat kartu jaringan, chipset papan induk, komponen, dan alat lainnya. Intel memiliki projek riset yang maju dalam seluruh aspek produksi semikonduktor, termasuk MEMS. Intel mengganti logo dan sloganya pada 1 Januari 2008.  Slogan lamanya “Intel inside” diganti dengan "Intel Leap Ahead".
Beberapa produk processor intel yang ada sampai sekarang ini yaitu :
  1. Intel® Pentium® 4
  2. Intel® Pentium® Dual-Core 
  3. Intel® Core™2 Duo
  4. Intel® Core™2 Quad 
  5. Intel® Core™2 Extrme
  6. Intel® Core™ i3, i5, i7
HIGH end from intel
Kinerja Dari Processor High-end dari intel core i5 dan i7
intel core i7(9xx) hampir sudah 1 tahun di luncurkan dan merupakan processor tecepat di kalangan pengguna PC. namun i7 masih mempunyai sedikit kekurangan,yaitu dari segi Harga bukan dari segi kinerja.
untuk mengantisipasi larinya para pembeli ke pesaing intel karena masalah budget yang gede ini, maka intel telah meluncurkan produk terbaru yaitu Core i5, yang di tujukan untuk pasar mainstream processor ini sebenarnya masih keturunan i7 tetapi dengan perubahan struktur.
i7 yang sebelumnya memakai soket bloomfield,berbeda dengan i5 yang memakai soket lynnfield,
berikut perbandingan core i5 dengan core i7 dari beberapa pengujian :
  1. SYSmark 2007 preview (software penguji kinerja sistem secara keseluruhan) Media2 aplikasi : WME 9, 3S max 8.0 : Kinerja core i5 mengungguli i7 satu poin persis, namun sebenarnya keseluruhan kinerjanya adalah sama, ketika turbo boost di aktifkan, core i7 langsung unjuk gigi dengan unggul empat poin.kendati ini tidak terlalu banyak.
  2. PC mark vantage ( tes kinerja sistem menyeluruh,dengan "windows vista")
    Media2 aplikasi : PC Mark suite : core i7 masih unggul dari core i5,pada sistem Gaming performa core i7 masih tidak terkejar oleh core i5, jadi bagi yang ingin membangun game 3D, core I7 pilihan yang menarik.
  3. 3D mark Vantage (mengukur kinerja untuk game 3D) : core i7 masih unggul, ketika speedstep dan turbo boost di aktifkan hasil yang di peroleh relatif tetap - seperti terjadi bottleneck pada kartu grafis yang digunakan.   
  4. siSoftware sandra 2009
    Media2 aplikasi : berbasis windows, seperti benchmarks, haedware dan sofware.
    Pada benchmarks ada tes bandwidth dan jelas core i7 lebih unggul engan triple channelnya.hal sama juga terlihat pada intruksi ISEE4.1 yang masih di pimpin oleh coe i7 dengan perbedaan yang mencolok.   
  5. Cinebanch R10 (kinerja pada animasi 4D) : core i7 dan core i5 sama-sama berinti empat. Core i7 di untungkan oleh adanya hyper-threading(HTI), sehingga sekali lagi core i7 lebih baik dari core i5.  
  6. Media encorder 9 (mengukur kinerja konversi video)
    Di dalam hal ini core i5 lebih unggul dari i7 dengan selisih waktu yang cukup jauh, setelah di lakukan penelitian oleh tim pcPLUS " terdapat sebuah anomali yakni kinerja prosesor akan turun ketika "HT" dinyalakan". Oleh sebab itu core i7 harus tunduk dalam hal ini dari i5. 
  7. dBpowerWamp Music converter 13.1 (mengukur kinerja konversi Audio)
    Core i7 kembali unggul disini, dan menariknya ketika turbo boost di aktifkan core i5 langsung melesat ke depan, inilah bukti sempurnanya turbo boost pada lynnfield (soket prosesor yang di pakai i5).  
  8. PT. Boats : knights of the sea benchmarks (kinerja di game 3D directX10)
    Kinerja core i7 dan i5 hampir sama di sini, karena hanya terpaut 1-2 fbps, yang paa praktikya tidak terasa. Pengukuran di lakukan pada saat masing2 processor dalam keadaan idle an di bebani 100%.
    Seperti yang kita ketahui, dengan TDP lebih rendah (95W VS 130 W), Core i5 menyerap lebih sedikit daya di bandingkan core i7.
    Perbedaan konsumsi dayanya cukup banyak. jadi performa core i7 yang bagus harus di bayar dengan konsumsi daya yang besar pula.
2. AMD Corporation



AMD (Advanced Micro Devices)
adalah sebuah perusahaan pembuat sirkuit terpadu, processor atau IC (integrated circuit) yang bermarkas di Sunnyvale, California, Amerika. Pabrik pertama berada di Austin, Texas, Amerika dan pabrik kedua berada di Dresden, Jerman yang ditetapkan untuk memproduksi Athlon saja. Bila semuanya berjalan lancar, mimpi harga sistim PC akan dapat lebih murah bisa terwujud karena tidak lagi di monopoli oleh Intel. Pada tahun 2006 juga, AMD telah berhasil mengakuisisi perusahaan Grafis terkenal asal Amerika yaitu ATI Tecnology. Perusahaan ini adalah penyedia processor x86-compatible processors terbesar kedua. AMD juga sudah dikenal oleh dunia, beberapa produknya yaitu :

  1. AMD Sempron™ 
  2. AMD Athlon™ FX  
  3. AMD Athlon™ 64 
  4. AMD Athlon™ X2  
  5. AMD PHENOM™ X3  
  6. AMD PHENOM™ X4  
  7. AMD bulldozer
HIGH end from AMD
AMD Bulldozer merupakan processor yang diklaim tercepat saat ini. Dan itu merupakan saingan dari Core i7 milik Intel. Tentu kita punya pilihan yang sama-sama mumpuni untuk processor, entah itu Intel maupaun AMD. Keduanya sama sama baik. Masing masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.


PROCESSOR INTEL
Intel Core 2 Duo E7400 2.80GHz LGA 775 Dual Core Processor
  • Spesifikasi:
  • Clock Speed: 2.80Ghz
    64 bit Support: Yes
    FSB: 1066MHz
    Hyper-Threading Support: No
    L2 Cache: 3M shared
    Manufacturing Tech: 45 nm
    Virtualization Technology Support: No
    Processors Type: Desktop
    Series: Core 2 Duo

Intel Core 2 Quad Q8200 2.33Ghz LGA 775 Quad Core Processor
  • Spesifikasi:
  • Clock Speed: 2.33Ghz
    64 bit Support: Yes
    FSB: 1333MHz
    Hyper-Threading Support: No
    L2 Cache: 4MB
    Manufacturing Tech: 45 nm
    Virtualization Technology Support: Yes
    Processors Type: Desktop
    Series: Core 2 Quad

Intel Core i7 920 2.66GHz LGA 1366 Quad Core Processor
  • Spesifikasi:
  • Series: Core i7 / Nehalem
    QPI: 4.8GT/s
    L2 Cache: 4 x 256KB
    L3 Cache: 8MB
    Manufacturing Tech: 45 nm
    64 bit Support: Yes
    Hyper-Threading Support: Yes
    Virtualization Technology Support: Yes

Intel Core 2 Quad Q9550 2.83GHz LGA 775 Quad Core Processor
  • Spesifikasi:
  • Clock Speed: 2.83Ghz
    64 bit Support: Yes
    FSB: 1333MHz
    Hyper-Threading Support: No
    L2 Cache: 12MB
    Manufacturing Tech: 45 nm
    Virtualization Technology Support: Yes
    Processors Type: Desktop
    Series: Core 2 Quad

Intel Core 2 Duo E8500 3.16GHz LGA 775 Dual Core Processor
  • Spesifikasi:
  • Clock Speed: 3.16Ghz
    64 bit Support: Yes
    FSB: 1333MHz
    Hyper-Threading Support: No
    L2 Cache: 6M shared
    Manufacturing Tech: 45 nm
    Virtualization Technology Support: No
    Processors Type: Desktop
    Series: Core 2 Duo

Intel Celeron E1400 2.0GHz LGA 775 Dual Core Processor
  • Spesifikasi:
  • Clock Speed: 2.0Ghz
    64 bit Support: Yes
    FSB: 800MHz
    Hyper-Threading Support: No
    L2 Cache: 512KB
    Manufacturing Tech: 65 nm
    Virtualization Technology Support: No
    Processors Type: Desktop
    Series: Celeron Dual-Core

Intel Core 2 Duo E8400 3.00GHz LGA 775 Dual Core Processor
  • Spesifikasi:
  • Clock Speed: 3.00Ghz
    64 bit Support: Yes
    FSB: 1333MHz
    Hyper-Threading Support: No
    L2 Cache: 6M shared
    Manufacturing Tech: 45 nm
    Virtualization Technology Support: No
    Processors Type: Desktop
    Series: Core 2 Duo

PROCESSOR AMDAMD Athlon II X2 245 2.9GHz Socket AM3 DUAL CORE Processor
  • Spesifikasi:
  • Clock Speed: 2.9Ghz
    64 bit Support: Yes
    Hyper Transports: 3600MHz
    Hyper-Transport Support: Yes
    L2 Cache: 2 MB
    Manufacturing Tech: 45nm
    Processors Type: Desktop
    Thermal Power: 65W
    Voltage: 0.85V - 1.425V

AMD Athlon II X2 550 3.1GHz Socket AM3 DUAL CORE Processor
  • Spesifikasi:
  • Clock Speed: 3.1Ghz
    64 bit Support: Yes
    Hyper Transports: 4000MHz
    Hyper-Transport Support: Yes
    L2 Cache: 2 x 512KB
    Manufacturing Tech: 45nm
    Processors Type: Desktop
    Thermal Power: 80W
    Voltage: 0.85V - 1.425V

AMD Athlon 64 X2 7550 Kuma 2.5GHz TRAY Socket AM2+ DUAL CORE Processor
  • Spesifikasi:
  • Clock Speed: 2.5Ghz
    64 bit Support: Yes
    Hyper Transports: 3600MHz
    Series: Athlon 64 X2
    Manufacturing Tech: 65 nm
    Processors Type: Desktop
    L1 Cache: 128KB+128KB
    L2 Cache: 2 x 512KB
    L3 Cache: 2MB

AMD Athlon II X2 250 Regor 3.0GHz Socket AM3 DUAL CORE Processor
  • Spesifikasi:
  • Clock Speed: 3.0Ghz
    64 bit Support: Yes
    Hyper Transports: 4000MHz
    Hyper-Transport Support: Yes
    L2 Cache: 2 x 1MB
    Manufacturing Tech: 45nm
    Processors Type: Desktop
    Thermal Power: 65W
    Voltage: 0.85V - 1.425V

AMD Athlon 64 X2 7750 Kuma 2.7GHz Socket AM2+ DUAL CORE Processor
  • Spesifikasi:
  • Clock Speed: 2.7Ghz
    64 bit Support: Yes
    Hyper Transports: 3600MHz
    Series: Athlon 64 X2
    Manufacturing Tech: 65 nm
    Processors Type: Desktop
    L1 Cache: 128KB+128KB
    L2 Cache: 2 x 512KB
    L3 Cache: 2MB

AMD PhenomII X4 955 DENEB 3.2GHz BLACK EDITION Socket AM3 Quad-Core Processor
  • Spesifikasi:
  • Processors Type: Desktop
    Series: Phenom II X4
    L2 Cache: 4 x 512KB
    L3 Cache: 6MB
    Manufacturing Tech: 45 nm
    64 bit Support: Yes
    Hyper-Transport Support: Yes

AMD Athlon 64 X2 7850 Kuma 2.8GHz BLACK EDITION Socket AM2+ DUAL CORE Processor
  • Spesifikasi:
  • Clock Speed: 2.8Ghz
    64 bit Support: Yes
    Hyper Transports: 3600MHz
    Series: Athlon 64 X2
    Manufacturing Tech: 65 nm
    Processors Type: Desktop
    L1 Cache: 128KB+128KB
    L2 Cache: 2 x 512KB
    L3 Cache: 2MB
    Thermal Power: 95W

AMD PhenomII X4 810 DENEB 2.6GHz Socket AM3 Quad-Core Processor
  • Spesifikasi:
  • Processors Type: Desktop
    Hypertransport: 4000 MHz
    Socket: AM3
    Series: PhenomII X4
    L1 Cache: 512KB
    L2 Cache: 2MB
    L3 Cache: 4MB
    Manufacturing Tech: 45 nm

AMD PhenomII X3 710 HEKA 2.6GHz Socket AM3 Triple-Core Processor
  • Spesifikasi:
  • Processors Type: Desktop
    Series: Phenom X3
    Speed: 2,6GHz
    Hyper Transports: 4000MHz
    L1 Cache: 128KB+128KB
    L2 Cache: 3 x 512KB
    L3 Cache: 6MB
    64 bit Support: Yes
    Hyper-Transport Support: Yes
    Virtualization Technology Support: Yes
    Manufacturing: 45nm

Sumber : Nextberbagi.blogspot.com

G+

1 Komentar untuk "Jenis Processor dan spesifikasi "

Mr Green Casino - Dr. Maryland
Mr Green 용인 출장안마 Casino is a 김천 출장샵 real gaming online gaming and lottery provider with 대전광역 출장마사지 extensive experience in creating innovative and modern games, and developing online  Rating: 아산 출장안마 4.3 · ‎3,847 시흥 출장샵 votes

Back To Top